Jumat, 28 Maret 2014

ATM melalui Google Glass


Google glass adalah suatu perangkat yang di ciptakan oleh perusahaan Google untuk berbagai kebutuhan seperti multimedia, sumber informasi dan masih banyak lainnya saat ini Google mencoba untuk memberikan fungsi untuk dunia perbankan.
Mengutip Gizmag, tim  Google Glass bekerjasama dengan perusahaan softwareUbic, mengembangkan sistem keamanan terbaru, yakni identifikasi pengguna ATM via kacamata canggih tersebut.
Software Ubic ini akan mengidentifikasi pengguna ATM melalui Google Glass, yang bisa melalui QR Code yang sudah dimodifikasi.
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat.
Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring.
Ketika sudah membaca kodenya, maka nomor PIN pengguna akan secara otomatis tertulis di layar dan membuka akses di mesin ATM.
Menurut saya penggunaan QR Code dapat memudahkan bagi pengguna ATM namun fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan kita blm mengetahui apakah tidak menimbulkan masalah terhadap penggunanya. Bagaimana pun para penjahat akan mengikuti perkembangan teknologi untuk melakukan kejahatan demi mendapatkan keuntungan.
Meskipun begitu fitur ini patut untuk ditunggu perkembangannya karena akan memudahkan bagi pengguna bank dan metode ini merupakan bentuk pengembangan sistem keamanan terbaru.    

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar