Dunia perbankan saat ini terus
mengembangkan teknologi E-Banking untuk melakukan transaksi dengan mudah di
manapun dan kapanpun. Dengan kemajuan E-Banking ini nasabah dapat melakukan
transaksi tanpa harus ke mesin ATM maupun ke kantor bank ditambah lagi
fasilitas ini dapat di akses 24 jam atau dapat dikatakan fasilitas ini online
24 jam non-stop. Karena kelebihan-kelebihan dari E-Banking ini para nasabah
banyak yang memanfaatkan E-Banking untuk melakukan transaksi.
Pihak bank juga terus melakukan
pengembangan terhadap E-Banking agar nasabah mendapat kemudahan dalam melakukan
transaksi mereka. Berikut ini adalah macam-macam E-Banking yaitu :
1.
Internet Banking
Anda dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial)
melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.
Jenis Transaksi :
Ø Transfer
dana.
Ø Informasi
saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar.
Ø Pembayaran
tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik).
Ø Pembelian
(misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham).
Hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk keamanan transaksi Internet Banking :
-
Jangan pernah memberitahukan User ID dan PIN
(Personal Identification Number) Anda kepada orang lain, termasuk kepada
petugas dan karyawan Bank.
-
Jangan meminjamkan KeyToken pengaman transaksi
Anda kepada orang lain.
-
Jangan mencatat User ID Anda di tempat yang
mudah diketahui orang lain.
-
Gunakan
User ID dan PIN Anda secara hati-hati agar tidak terlihat dan diketahui oleh
orang lain.
-
Pastikan Anda mengakses alamat situs bank dengan
benar. Pahami dengan baik situs bank Anda.
2.
Mobile Banking
Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon
selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS
(Short Message Service).
Jenis Transaksi :
Ø Transfer
dana.
Ø Informasi
saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar.
Ø Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon,
handphone, listrik, asuransi).
Ø Pembelian (pulsa isi ulang, saham).
Hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk keamanan transaksi Mobile Banking :
-
Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking.
-
Anda
bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera
melakukan penggantian PIN.
-
Bilamana
SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, segera
beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank
tersebut.
3.
Phone
Banking
Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan
informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui
telepon.
Jenis Transaksi :
Ø Transfer
dana.
Ø Informasi saldo, mutasi rekening.
Ø Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon,
handphone, listrik, asuransi)
Ø Pembelian (pulsa isi ulang).
Hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk keamanan transaksi Phone Banking :
-
Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking.
-
Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika
merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.
4.
Sms
Banking
Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui
telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service).
Jenis Transaksi :
Ø Transfer
dana.
Ø Informasi saldo, mutasi rekening.
Ø Pembayaran (kartu kredit).
Ø Pembelian (pulsa isi ulang).
Hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk keamanan transaksi SMS Banking :
-
Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi
SMS Banking Anda kepada orang lain.
-
Jangan
mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang
mudah diketahui oleh orang lain.
-
Setiap
kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga
Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
-
Untuk
setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS
yang akan tersimpan di dalam inbox.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar