Jumat, 25 April 2014

Macam-macam E-Banking

Dunia perbankan saat ini terus mengembangkan teknologi E-Banking untuk melakukan transaksi dengan mudah di manapun dan kapanpun. Dengan kemajuan E-Banking ini nasabah dapat melakukan transaksi tanpa harus ke mesin ATM maupun ke kantor bank ditambah lagi fasilitas ini dapat di akses 24 jam atau dapat dikatakan fasilitas ini online 24 jam non-stop. Karena kelebihan-kelebihan dari E-Banking ini para nasabah banyak yang memanfaatkan E-Banking untuk melakukan transaksi.
Pihak bank juga terus melakukan pengembangan terhadap E-Banking agar nasabah mendapat kemudahan dalam melakukan transaksi mereka. Berikut ini adalah macam-macam E-Banking yaitu :

1.       Internet Banking

Anda dapat melakukan transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang terhubung dengan jaringan internet bank.

Jenis Transaksi :

Ø  Transfer dana.
Ø  Informasi saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar.
Ø  Pembayaran tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik).
Ø  Pembelian (misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham).

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Internet Banking :

-          Jangan pernah memberitahukan User ID dan PIN (Personal Identification Number) Anda kepada orang lain, termasuk kepada petugas dan karyawan Bank.
-          Jangan meminjamkan KeyToken pengaman transaksi Anda kepada orang lain.
-          Jangan mencatat User ID Anda di tempat yang mudah diketahui orang lain.
-           Gunakan User ID dan PIN Anda secara hati-hati agar tidak terlihat dan diketahui oleh orang lain.
-          Pastikan Anda mengakses alamat situs bank dengan benar. Pahami dengan baik situs bank Anda.

2.       Mobile Banking
Adalah layanan perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).

Jenis Transaksi :

Ø  Transfer dana.
Ø  Informasi saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar.
Ø   Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi).
Ø   Pembelian (pulsa isi ulang, saham).

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Mobile Banking :

-          Anda wajib mengamankan PIN Mobile Banking.
-           Anda bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera melakukan penggantian PIN.
-           Bilamana SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, segera beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank tersebut.

3.           Phone Banking

Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon.

Jenis Transaksi :

Ø  Transfer dana.
Ø   Informasi saldo, mutasi rekening.
Ø   Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
Ø   Pembelian (pulsa isi ulang).

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Phone Banking :

-          Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking.
-          Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN.

4.           Sms Banking

Adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service).

Jenis Transaksi :

Ø  Transfer dana.
Ø   Informasi saldo, mutasi rekening.
Ø   Pembayaran (kartu kredit).
Ø   Pembelian (pulsa isi ulang).

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi SMS Banking  :

-          Jangan memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain.
-           Jangan mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang mudah diketahui oleh orang lain.
-           Setiap kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
-           Untuk setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS yang akan tersimpan di dalam inbox.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar